Home / Sumatera Utara

Marga Situmorang Berikan Doa Restu Kepada Marhuale Simbolon Untuk Menjadi Bupati Samosir
Penulis: PH Sitompul | Selasa, 17 Maret 2020 | 14:02 WIB Dibaca: 1185 kali

Marga Situmorang sematkan Ulos satu set dengan Sor Tali sebagai lambang restu untuk setiap orang yang akan maju untuk menjadi Raja/Pemimpin


Samosir, www.riaubangkit.com – Bertempat di rumah kelurga Lamto Situmorang/Br Parhusip (A.Duma) di Huta Batuara Desa Urat Timur Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir, Marhuale Simbolon Balon Bupati Samosir, meminta doa restu dari Tulang (Paman) untuk didoakan sekaligus diberangkatkan Bacalon yang nantinya dapat mencapai cita-cita menjadi Bupati (Parhobas) di Samosir,Jumat (13/03/2020),.

Acara yang sangat penting dilaksanakan oleh Marhuale Simbolon mengingat rencana untuk maju menjadi calon Bupati Samosir untuk periode 2020-2024.

Acara yang sangat memiliki arti penting dalam tatanan adat Batak, sebagai mana ada ungkapan dimasyarakat batak "Sambola Langit Do Tangiang Ni Tulang" yang artinya Doa Paman Kepada Keponakannya Sangat Basar (Setengah Cakrawala), hal inilah yang tertanam dikepribadian Marhuale Simbolon hingga bersedia hadir ditengah keluarga Marga Situmorang

Bagi Marhuale Simbolon, bahwa dia akan semakin memiliki kekuatan dan rasa percaya bahwa rencananya akan direstui keluarga besar pamannya marga Situmorang, bukan hanya yang ada di Kecamatan Palipi melainkan di seluruh wilayah Kabupaten Samosir.

Dilihat dari sejarah maupun silsilah bahwa keluarga Marhuale Simbolon lahir dari ibu Br.Situmorang, sementara yang melahirkan ibu dari Marhuale Simbolon adalah boru Sinurat (Op. Haruntung) dan satu tangga ke atas, Opung boru dari ibu yang melahirkan Marhuale adalah Br. Manik.

Laksma (Purn) TNI Marhuale Simbolon,S.Pi. adalah putra dari pasangan Melanton Simbolon dan Antani Br. Situmorang. Ia merupakan putra asal Samosir yang telah banyak mengabdi bagi bangsa dan negeri ini. Saat ini sudah pensiun dari TNI-AL, terakhir mendapat jabatan dari Kadisfaslanal menjadi Pati Mabes TNI AL. Marhuale Simbolon mempersunting Rospita Silalahi, A.Md.telah di karuniai 2 (dua) anak.

Sebelum acara meminta doa restu di laksanakan, Marhuale Simbolon yang didampingi istri tercintanya bersama keluarga, berangkat berziarah kemakam (Tugu)  Op. Mangarerak Situmorang Br.Manik.

Teks Foto.2

Laksma (Purn) TNI Marhuale Simbolon,S.Pi Bersama Istri Rospita Silalahi, A.Md. Mendapat Doa Restu Dari Marga Situmorang.

Dalam acara meminta doa restu tersebut, Marhuale Simbolon dan istri di sematkan Ulos satu set dengan Sor Tali sebagai lambang restu untuk setiap orang yang akan maju untuk menjadi Raja/Pemimpin. Disaat menyematkan Ulos dan Sor Tali beserta Topi Raja oleh paman (keluarga besar marga Situmorang) secara bersamaan disampaikankan doa dan pepatah orang batak "Didolok Partanggalan, Ditoruan Parbubuan, Dapotma Najinalahan, Jumpa Ma Na Niluluan" yang menjadi ungkapan bahwa paman Situmorang memberikan restu dan dukungan memberangkatkan Marhuale dan istri Rospita Silalahi untuk menjadi raja di Kabupaten Samosir.

"Semoga apa yang kamu cita-citakan kedepan Bere dapat terjawab dan kamu dapat Menjadi Bupati di Samosir ini kedepan, dengan itu kami mendoakan dari Bakal Calon Bupati dapat ke Calon Bupati hingga nantinya terpilih jadi Bupati Samosir Tahun 2020 ini," ucap Situmorang sebagai Tulang Marhuale Simbolon.

Pada acara hari ini keluarga besar marga Parhusip selaku bona tulang juga menyematkan Ulos, dan memberi restu kepada Marhuale Simbolon selaku Cucu marga Parhusip.

Disampaikan bahwa seluruh ompung mu mendoakan cucu Kami untuk maju dalam pemilihan bupati bulan Sepember mendatang, kami berharap cucu kami akan menang dan akan menjadi Bupati Samosir, kami sangat percaya cucu kami akan memimpin Kabupaten Samosir dan membuatnya jauh lebih baik dibandingkan dengan saat ini. 

Teks Foto.3

Laksma (Purn) TNI Marhuale Simbolon,S.Pi. Bersama Keluarga Ziarah Kemakam

Selanjutnya keluarga besar marga Manik selaku Bona Ni Ari Marhuale Simbolon juga melakukan hal yang sama, menyematkan ulos dan menyampaikan restu kepada pasangan calon bupati yang telah mendaftar ke KPUD Samosir dan sudah diterima lengkap segala berkasnya untuk maju dari jalur perseorangan (Polim/Ridwan).

[ Kembali ]
Berita Terkait
Kamis, 28 Mei 2020 | 20:56 WIB
Perkembangan Copid 19 di Sumut
Kamis, 28 Mei 2020 | 20:51 WIB
Polres Pelalawan dan Pemkab Pelalawan siap Laksanakan New Normal
Rabu, 27 Mei 2020 | 07:47 WIB
Kasad berikan THR kepada Personel AD di RSKI
Rabu, 27 Mei 2020 | 07:45 WIB
Tegakkan Aturan Guna Cegah Covid-19, Kodim 0306/50 Kota dan Jajaran akan Menindak Pelanggar PSBB
Selasa, 26 Mei 2020 | 20:23 WIB
Copid - 19 : Perkembangan di Sumut
Selasa, 26 Mei 2020 | 08:40 WIB
Pangdam I/BB Vidcon dengan Kasad Bahas Perkembangan Penanganan Covid-19
Selasa, 26 Mei 2020 | 08:36 WIB
Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Berbagi Kasih Bagikan Sembako kepada Masyarakat Perbatasan
Selasa, 26 Mei 2020 | 08:33 WIB
Denpom I/5 Medan Salurkan 3,5 Ton Beras Kepada Masyarakat
Selasa, 26 Mei 2020 | 08:30 WIB
Patuhi Protokol Kesehatan, Asops Kasdam I/BB Vidcon dengan Waasops Panglima TNI
Senin, 25 Mei 2020 | 23:56 WIB
WALIKOTA PEKANBARU dan KAPOLRESTA PERSIAPAN SIAGA MALAM TAKBIRAN 1441 H.
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit