Home / Sumatera Utara

Ketua dan Anggota Komisi B DPRD Provsu Kunker Ke Kecamatan Pakkat,Kab.Humbahas Provsu.
Penulis: PH Sitompul | Selasa, 18 Pebruari 2020 | 22:49 WIB Dibaca: 234 kali


Doloksanggul, www.riaubangkit.com – Ketua dan Anggota Komisi B, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu.) dengan dipimpin oleh Ketua Komisi B Viktor Silaen, beserta beberapa orang anggota, antara lain : Saut Purba, Tambunan, Herlina Nasution dan Pantur Banjarnahor laksanakan Kunjungan Kerja (kunker) ke Desa Rura Aek Sopang Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin, (17/2).

Kunker dalam rangka meninjau Desa Rura Aek Sopang yang terkena bencana banjir pada, Selasa, (28/1). Acara diawali pertemuan dengan Camat Pakkat Mangolotua Purba ST.MM, para Penjabat/Kepala Desa bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Camat Pakkat. Pada kesempatan tersebut Pejabat (Pj.) Kepala Desa (Kades) Rura Aek Sopang, Sumurung Rajagukguk, S.H., kepada Komisi B dan PKH menjelaskan segala kerusakan-kerusakan yang terjadi  serta kerugian yang dialami masyarakat Desanya, Desa Rura Aek Sopang akibat bencana banjir yang terjadi, dimana, lahan persawahan dan bibit padi yang siap tanam, saluran irigasi dan bendungan irigasi rusak.

Sumurung menceritakan akibat banjir membut rusak: penahan/pengatur air, bangunan/bagian bangunan rumah dan perabotan rumah tangga, matinya/hilangnya ternak lembu, kambing, itik, ayam dan ikan-ikan warga serta gagalnya pelaksanaan musim tanam padi yang seharusnya dimulai pada awal (2/20) akibat banjir tersebut. Lebih lanjut Pj. Kades Rura Aek Sopang, meminta bantuan dan dukungan agar Ketua/anggota Komisi B DPRD Propsu yang hadir sinergis meminta kepada Pempropsu agar dapat mengalokasikan anggaran dan kegiatan untuk membantu Pemkab Humbahas dan Pemdes Rura Aek Sopang Kecamatan Pakkat melakukan perbaikan terhadap sektor- sektor yang membutuhkan perbaikan terutama pembangunan tembok-tembok penahan air (bronjong), bendungan air dan saluran irigasi persawahan. Diakhir penjelasannya, Pj Kades menyampaikan bundel foto visual kerusakan yang terjadi yang membutuhkan perbaikan, dan juga foto visual normalisasi sungai yang dilakukan  oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Humbahas yang telah melakukan normalisasi sepanjang kurang lebih 1 km di Panjadian Dusun Aek Sopang Desa Rura Aek Sopang dan masih tersisa sekitar kurang lebih 2,5 km yang masih perlu dinormalisasi ke arah hulu sungai di wilayah Dusun Tolping dan Dusun Siranggason.

 Dan selanjutnya Pj. Kades Rura Aek Sopang meminta agar anggota Komisi B DPRD dan pihak Kehutanan PKH 12 dan PKH 13 Wilayah Humbang meninjau langsung ke lokasi bekas banjir di Panjadian Dusun Aek Sopang, dan hal tersebut dipenuhi seluruh anggota Komisi B DPRD Propsu dan Pejabat Kehutanan PKH 12 dan PKH 13. Rombongan berangkat dari Kantor Camat dan tiba di lokasi sekitar jam 15.00 WIB yang telah ditunggu warga, Perangkat Desa dan personil BPD.

Sumurung di rumah salah satu warga (Situmorang) di Panjadian Dusun Aek Sopang Desa Rura Aek Sopang,yang juga ikut terkena banjir pada hari Selasa Malam, (28/1).

Pj. Kades Rura Aek Sopang memberikan penjelasan kepada Ketua dan Anggota Komisi B, DPRD Propsu dan Pejabat Kehutanan KPH yang disaksikan oleh Camat Pakkat dan Perangkat Desa mengenai kejadian banjir karena pada saat itu bersama anaknya Rolandy Samuel Aritonang RG berada di lokasi dan masih sempat membuat video kejadian bencana banjir pada malam hari itu meskipun tergenang air dan menunjukkan kerusakan - kerusakan yang timbul akibat bencana banjir termasuk kerusakan bagian rumah warga. Dari pertemuan di Kantor  Camat Pakkat dan Peninjauan Lapang, Anggota Komisi B DPRD Propsu memberikan solusi agar Pj. Kades Rura Aek Sopang dan  Camat Pakkat membuat usulan ke Pempropsu dan Kementerian terkait dan nanti akan dipantau Komisi B. Demikian juga halnya pihak Kehutanan menyarankan agar Pemdes Rura Aek Sopang membuat usulan  yang berkaitan dengan sektor kehutanan.

Usai melakukan peninjauan, rombongan melanjutkan peninjauan ke lokasi bencana longsor di Sigurung-gurung Desa Ambobi Paranginan sampai ke perbatasan Humbahas - Tapteng, dan selanjutnya balik arah kembali ke Kantor Camat Pakkat. 

“Atas kunjungan kerja anggota Komisi B, dan Pihak Kehutanan KPH ke Desa Rura Aek Sopang yang peduli dan respon atas musibah banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu, saya atas nama warga dan Pemerintah Desa Rura Aek Sopang mengapresiasi Anggota dan Lembaga DPRD Propsu dan KPH 12 dan 13 Wilayah Humbang. Terimakasih atas perhatian dan kepedulian Bapak/Ibu sekalian. Perhatikanlah kami dan bantulah kami. Saya juga berterimakasih kepada Bapak Bupati Humbang Hasundutan, Anggota DPRD Kab. Humbahas Ka.SKPD, Camat Pakkat Bapak Mangolotua Purba ,ST.MM, Ramil 10/Pakkat, Polsek Pakkat, dan semua pihak. Horas...Horas .....Horas,” ujar Pj. Kades Rura Aek Sopang, Sumurung Rajagukguk,SH mengakhiri. (Polim)

Teks Foto: Terlihat Pj. Kades Rura Aek Sopang, Sumurung Rajagukguk,SH sedang menceritakan apa yang terjadi kepada para anggota DPRD Sumut dari Komisi B yang langsung dipimpin Ketua Komisi B,  Viktor Silaen,SE. (Foto: www.riaubangkit.com /Ridwan S Panjaitan, S.Hut.)

[ Kembali ]
Berita Terkait
Sabtu, 28 Maret 2020 | 08:26 WIB
Teleconference dengan Pangdam I/BB, Kasad: Cegah Covid-19, Laksanakan Werving Seaman Mungkin
Jumat, 27 Maret 2020 | 09:33 WIB
Untuk bantu percepatan penanganan Covid 19 TNI AD Distribusikan Materiil Kesehatan ke Wilayah Kodam I/BB
Kamis, 26 Maret 2020 | 08:53 WIB
Pangdam I/BB Bertindak Sebagai Pangkogasgabpad Pimpin Rapat Kesiapan Percepatan Penanganan Covid 19 RS. Khusus Pulau Galang Batam
Kamis, 26 Maret 2020 | 08:45 WIB
Pangdam I/BB Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Tinjau RS Khusus di Pulau Galang Batam
Rabu, 25 Maret 2020 | 08:59 WIB
Pangdam I/ BB : Kodam I/BB Tingkatkan Antisipasi Penyebaran Covid - 19 Secara Berlanjut
Rabu, 25 Maret 2020 | 08:50 WIB
Kapendam I/ BB : Janji Bisa Masukkan Akmil Mayor Gadungan Diamankan Kodim 0201/BS
Selasa, 24 Maret 2020 | 17:25 WIB
Polres Humbahas Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM
Selasa, 24 Maret 2020 | 07:29 WIB
Kapendam I/BB: Pembangunan Jalan TMMD di Sijunjung Wujud Jati Diri TNI Sebagai Tentara Pejuang dan Tentara Rakyat
Selasa, 24 Maret 2020 | 07:24 WIB
Pangdam I/BB : Responsif Antipasi penyebaran Covid- 19 dilakukan pemeriksaan Rutinitas masuk Makodam
Selasa, 24 Maret 2020 | 06:37 WIB
Satserse Narkoba Polres Humbahas Amankan Terdiduga Tindak Pidana Narkotika Shabu
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit