Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Desa Sukadamai Prioritaskan Pembinaan

Redaksi riaubangkit.com
Selasa, 12 Nop 2019 12:00 WIB | dilihat: 111 kali
Foto:

Infographic Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Sukadamai di Kecamatan Ujung Batu.



Ujung Batu, RBC- Pemerintah Desa (Pemdes) Sukadamai Kecamatan Ujung Batu memprioritaskan bidang pembinaan kemasyarakatan untuk anggaran belanja desa tahun 2019.

“Realisasi belanja desa yang diperuntukkan untuk warga tahun ini lebih banyak ke pembinaan-pembinaan daripada pembangunan fisik seperti drainase ataupun semenisasi”, kata Kepala Desa Sukadamai Afrizal, Selasa (12/11/2019) pagi, saat mendata infographic Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di ruang kerjanya, Sukadamai, Ujung Batu, Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Afrizal mendata jumlah total belanja desa yang mencapai 1,84 miliar, meliputi Rp605,7 juta bidang penyelenggaraan pemerintah, Rp1,02 miliar bidang pembangunan desa, Rp160,6 juta bidang pembinaan kemasyarakatan, Rp47,5 juta bidang pemberdayaan masyarakat, dan Rp10 juta penanggulangan bencana darurat dan mendesak desa.

Kemudian untuk pendapatan mencapai Rp1,82 miliar yang terdiri dari Rp12,5 juta pendapatan asli desa, Rp767,2 juta alokasi dana desa, Rp945,2 juta dana desa, Rp33,7 juta dana bagi hasil pajak dan retribusi, serta Rp65,2 juta pendapatan lain-lainnya.

Pemasangan baliho APBDes yang rutin dipasang Pemdes setiap tahun dihalaman kantor desa juga kata Kades agar masyarakat ikut mengawal pengelolaan dana desa maupun alokasi dana desa sebagai salah satu transparansi kepada masyarakat. Semua proyek pengerjaan di desanya pun dikerjakan secara gotong royong oleh elemen masyarakat Sukadamai.

Selain bantuan dari Pemerintah Kabupaten Rohul dan Pusat, dana bantuan untuk desa juga terangnya diterima dari Pemerintah Provinsi Riau untuk penerangan jalan umum Tenaga Surya dan sejumlah unit Drainase yang dikerjakan dan dikelola oleh pihak dinas terkait.*red

 

  • Editor: Hendra Ambarita


Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved