Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Kebakaran Lahan di Jalan Kubang Raya,
Kades Kubang Jaya : Ketika Lahan Terbakar, Lahan Seolah Tak Bertuan

Patar Simanjuntak
Minggu, 11 Agus 2019 12:00 WIB | dilihat: 587 kali

Kubang Jaya, RBC - Beragam upaya dan aksi sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan terus menerus digalakkan oleh jajaran Satgas Karlahut Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar kepada masyarakat, kebakaran lahan masih juga terjadi. Seperti kejadian kebakaran lahan yang terjadi di jalan raya lintas Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, tepatnya di RT 02 RW 04 Dusun IV Desa Kubang Jaya, Minggu (11/8/2019).

Berdasarkan Pantauan dan investigasi  www.riaubangkit.com, Minggu (11/8/2019), telah terjadi kebakaran lahan di pinggir jalan lintas Kubang Raya. Atas kejadian itu, aparat dan masyarakat langsung berusaha untuk memadamkannya. Namun dengan keterbatasan alat, pemadaman belum dapat dilaksanakan hingga tuntas. 

Brigadir Satu Polisi Arif Hidayat dilokasi kebakaran kepada www.riaubangkit.com, Minggu, (11/08/2019) mengatakan, bahwa kebakaran diketahuinya berawal dari ketika dirinya istirahat dirumahnya, kemudian merasakan asap semakin tebal masuk ke dalam rumahnya. 

Karena penasaran, kemudian Arif keluar dari dalam rumah, dan selanjutnya mencari sumber asap. Ternyata, setelah Arif sampai di jalan Kubang Raya, dirinya melihat ada kebakaran lahan yang jaraknya sekitar 500 meter dari kediamannya.

Melihat kejadian itu, kemudian Arif langsung menghubungi pihak Satgas Karlahut Siak Hulu. Sambil menunggu kehadiran pihak Satgas Karlahut,  dengan spontan dan dengan seorang diri serta alat seadanya Arif berusaha untuk memadamkannya. 

Setelah Arif berjibaku sendiri memadamkan api, barulah kemudian Erwin, warga sekitar turut membantunya. 

Erwin yang kebetulan baru pulang dari kegiatan pemotongan Hewan Qurban melihat Arif Hidayat yang dikenalnya adalah seorang  anggota Polisi dan berada di lokasi kebakaran itu, sedang berusaha memadamkan api. Melihat kewalahannya Arif dan datangnya Arif meminjam ember dan meminta air kerumahnya, barulah Erwin berkenan membantunya. 

Erwin juga mengaku, dirinya takut memadamkan kejadian kebakaran lahan. itu sendiri. Dengan alasan takut diinterogasi dan dituduh dan dicurigai  nanti sebagai pelaku pembakaran. 

Meski Arif dan Erwin sudah berjibaku untuk memadamkan kebakaran lahan, namun usaha pemadaman yang mereka lakukan belum berhasil. 

Sementara, Babinsa Desa Kubang Jaya Koramil 06/SH Kodim 0313/Kpr Pelda Sucipto, mendengar di Desa Binaanya ada kejadian kebakaran lahan, langsung datang membantu memadamkannya, bersamaan dengan datang Sucipto dilokasi, datang juga  Tim satgas Karlahut Siak Hulu dengan membawa satu unit Mobil Pemadam Kebakaran Milik Pemerintah Kabupaten Kampar beserta kru Pemadam kebakaran. 

Kepada www.riaubangkit.com, Sucipto mengatakan, bahwa Adanya kebakaran lahan itu, diketahui Babinsa Kubang Jaya setelah terlebih dahulu menerima laporan dari Brigtu Arif Hidayat salah seorang warga dan juga anggota Intel Polsek Siak Hulu dan kebetulan tinggal tak jauh dari lokasi terbakarnya lahan. 

Menurutnya, setelah dirinya mendapat laporan tersebut Pelda Sucipto kemudian melaporkan lansung kejadian kebakaran  kepada Danramil 06/SH Kapten Arm Hadi Prayitno.

Mendapat laporan demikian kemudian Danramil langsung menanggapinya dan selanjutnya berkoordinasi dengan Pemadam Kebakaran (Damkar), dan tim Satgas Karlahut untuk segera datang ke lokasi kebakaran, untuk melaksanakan pemadaman.

Sucipto, mengatakan bahwa, upaya pemadaman api, dilaksanakan dibantu dengan satu unit kendaraan Damkar dari Pemkab Kampar bersama dengan kru personel  Damkar  dan masyarakat.

Lebih lanjut Sucipto mengatakan, upaya pemadaman awalnya sempat kewalahan. Karena lahan yang terbakar diduga bekas kilang kayu. Buktinya, serbuk bekas kilang kayu masih kelihatan. Namun atas kerja sama yang baik dan semangat serta kerja keras tim, akhirnya api dapat dipadamkan.

Ketika, aksi pemadaman api masih berlangsung, terlihat hadir Ketua RW 04,Kadus IV dan Bustamar, SPd Plt Kepala Desa Kubang Jaya. 

 

Bustamar Plt Kades Kecewa, Lahan Terbakar Seolah Tak Bertuan

Sementara, ketika www.riaubangkit.com bertanya siapa pemilik lahan yang terbakar kepada Bustamar, SPd Pejabat Kepala Desa dan aparat desa lainnya, Seluruh Aparat Desa yang ada di lokasi kebakaran mengaku tidak mengetahuinya.

Plt Kades Kubang Jaya Bustamar SPd, memang berusaha menggali informasi tentang siapa pemilik lahan terbakar itu, dengan menghubungi beberapa pihak. Namun jawaban yang diperoleh masih mengecewakan. 

Kepada www.riaubangkit.com. Minggu (11/08/2019) Bustamar mengaku, dirinya sangat kecewa karena tidak ada perhatian dari pemilik lahan sama sekali. Bahkan dalam waktu dekat, Pihak Desa akan memasang pengumuman diatas lahan terbakar, agar pemilik lahan datang langsung menghadap ke pemerintah desa, untuk mempertanggungjawabkannya

Jika dalam waktu yang ditentukan tidak ada yang melapor dan mengaku sebagai pemilik lahan, maka lahan tersebut dianggap tidak bertuan. Dan desa, bisa saja akan menggunakan dan menguasainya untuk kepentingan umum. 

"Saya kecewa, pemilik lahan tidak memperhatikan lahan miliknya. bahkan, ketika ada kebakaran dilahan miliknya, pemilik lahan tidak datang sama sekali. Atas kejadian ini, Desa dalam waktu dekat akan membuat pengumuman diatas lahan terbakar, agar pemiliknya datang melapor ke pemerintah desa. jika dalam waktu yang ditentukan, pemilik lahan tak datang ke kantor desa untuk melapor. maka pihak desa menganggap lahan tersebut tidak bertuan. dan bisa jadi nantinya akan kuasai oleh desa.dan digunakan desa untuk kepentingan publik. misalnya, membangun mesjid, kata Plt Kades Kubang Jaya Bustamar untuk mengobati kekecewaannya.(cp/pm)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved