Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Sumurung Rajagukguk,SH., Bersama Relawan Desa Rura Aek Sopang :Himbau Warga Cegah Covid-19"

PH Sitompul
Rabu, 15 Apr 2020 12:00 WIB | dilihat: 115 kali

Pakkat, www.riaubangkit.com – Sumurung Rajagukguk,SH., bersama Relawan Desa Rura Aek Sopang : Himbau warga cegah Covid-19". Hal itu, sebagai upaya keikutsertaan guna mencegah penyebaran Virus Corona Disease 2019 (Covid-19). Pemerintah Desa (Pemdes) Rura Aek Sopang Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi (Prov) Sumatera Utara (Sumut), bersama Relawan Desa Lawan Covid-19 sedaya mampu  melaksanakan langkah-langkah pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sesuai anjuran dan kebijakan Pemerintah dan institusi terkait yang berkompeten mulai dari Pemerintah Pusat, Kementerian, Kapolri, Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pemvropsu), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Humbahas, dan juga anjuran dan kebijakan Uspika Pakkat.  

Dengan mempedomani Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, dan juga Surat Bupati Humbahas Nomor:140/502/PMDP2A/III/2020 Perihal Penyediaan Anggaran Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) pada APB Desa TA.2020, Sumurung Rajagukguk,SH. selaku Penjabat Kepdes  menerbitkan Keputusan Kepdes Rura Aek Sopang No.12 Tahun 2020 tentang Pembentukan Relawan Desa, Desa Rura Aek Sopang Lawan Covid-19 Tahun Anggaran 2020. 

Relawan Desa ini terdiri dari Penjabat Kepala Desa sebagai Ketua Relawan Desa, Ketua BPD sebagai Wakil Ketua Relawan Desa, dan Anggota terdiri dari: Seluruh Perangkat Desa; Anggota BPD; Pendamping Lokal Desa; Pendamping Program PKH; PDTI; Bidan Desa (Dusun 1 Aek Sopang dan Dusun 2 Tolping) Tokoh Agama (Katholik, Kristen Protestan, Islam); Tokoh Adat; Tokoh Masyarakat; Karang Taruna Bersinar; PKK Desa; Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS); Kader Penggerak Masyarakat Desa (KPMD); Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM); Sedangkan Mitra terdiri dari : Babinkamtibmas Polsek Pakkat, Babinsa Ramil 10/Pakkat dan Pendamping Desa. 

Pemdes bersama Relawan Desa telah melaksanakan tugas dua kali penyemprotan disinfektan  di sekitar pemukiman-penukiman warga di seluruh dusun yakni: Dusun 1 Aek Sopang, Dusun 2 Tolping, Dusun 3 Sidulang, dan Dusun 4 Siranggason. 

Dengan kerjasama Pemerintah Desa dengan Relawan Desa serta PKK baik PKK Desa maupun PKK  Dasawisma telah melakukan dua kali pembagian wedang jahe/bandrek kepada seluruh warga desa untuk membantu meningkatkan stamina atau kekebalan tubuh terhadap serangan Covid-19 sesuai anjuran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas dan Camat Pakkat, Mangolotua Purba, ST.MM., Untuk membantu masyarakat membersihkan tangan, juga telah disediakan fasilitas cuci tangan bagi umum yang diletakkan di pinggir-pinggir jalan di lokasi umum/strategis dengan membuat tulisan himbauan " CUCI TANGAN CEGAH COVID-19". 

Selain membuat himbauan tertulis baik yang ditempelkan di rumah-rumah dan tempat-tempat strategis, juga disampaikan surat himbauan Bupati Humbahas langsung kepada setiap Kepala Keluarga/Rumah Tangga dengan tujuan agar warga berperan aktif mencegah penyebaran Covid-19. 

Penjabat Kepala Desa  Sumurung Rajagukguk,SH selaku Ketua Relawan Desa Rura Aek Sopang Lawan Covid-19 TA.

2020 sangat peduli atas keselamatan warganya sehingga setiap warga yang datang dimonitoring dan disarankan pada kesempatan pertama segera diperiksa Bidan Desa (Sulastri Tambunan di Dusun 1 Aek Sopang atau Lamria Marbun di Dusun 2 Tolping) atau periksa ke Puskesmas Pakkat, dan diwajibkan untuk mematuhi saran pemeriksa. 

Dengan maksud agar warga tetap terhindar dari serangan Covid-19, Relawan dibawah pimpinan Penjabat Kades juga menyempatkan waktu membuat himbauan lewat video berdurasi singkat untuk dishare ke masyarakat umum dan warga desa dengan mengajak warga agar ingat : " 1. MENCUCI TANGAN;  2. PAKAI MASKER; 3. JAGA JARAK; 4. HINDARI KERUMUNAN". Dengan melaksanakan hal tersebut diharapkan warga terbantu terhindar dari penularan Covid-19. Tidak hanya disitu, Penjabat Kades masih tetap melakukan upaya-upaya pencegahan, berkoordinasi dengan berbagai pihak baik di Desa, di Kecamatan maupun di Kabupaten sampai pandemi Covid-19 ini benar-benar berakhir sesuai pernyataan resmi Pemerintah. 

Ditengah-tengah kondisi sekarang Penjabat Kades sangat mengharapkan saling pengertian semua pihak untuk mentaati himbauan-himbauan Pemerintah dan juga Maklumat Kapolri serta himbauan Pemkab Humbahas dan institusi terkait. Semoga kita semua beroleh kesehatan dan keselamatan. Semoga para pemimpin diberi hikmad dan kekuatan mengurusi masyarakatnya. Terimakasih banyak kepada seluruh pemimpin di Negara ini dari Pusat sampai ke Desa/Kelurahan dan juga Dusun/RT.RW. Horas Horas Horas. Pj. Kades Rura Aek Sopang Sumurung Rajagukguk,SH. (Polim, Ridwan)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved