Home / Sumatera Utara
Oleh : Larshen Yunus Simamora, S.Sos.Sc., M.Si
HUT Kabupaten Humbang Hasundutan yang ke-14 tahun Ricuh, akibat Tindakan Arogan dari Oknum Pejabat Pemkab
Penulis: RiauBangkit.Com | Minggu, 06 Agustus 2017 | 21:48 WIB Dibaca: 618 kali

HUT Kabupaten Humbang Hasundutan yang ke-14 tahun Ricuh, akibat Tindakan Arogan dari Oknum Pejabat Pemkab


Riaubangkit.com - Seharusnya perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Humbang Hasundutan yang ke-14 kemarin (29/7/2017), dapat dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat daerah hasil pemekaran dari kabupaten Tapanuli Utara tersebut. tanpa terkecuali bagi para generasi muda yang juga merasa memiliki daerah tersebut.  namun tidak demikian yang dirasakan oleh para pemuda dan mahasiswa humbanghas.

Meskipun kehadiran mereka dalam bentuk aksi demonstrasi, semestinya pihak pemkab maupun kepolisian setempat menyikapi situasi tersebut dengan tenang, bukan justru arogan dan terkesan memicu tindakan kekerasan.” ungkap Larshen YN Simamora, mantan Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Humbang Hasundutan yang ada di Kota Pekanbaru.

“Bayangkan saja, dengan arogansinya salah seorang pejabat Pemkab dengan lantang mengusir dan menunjang para demonstran. Padahal menurut informasi dari masyarakat setempat, bahwa kehadiran para pemuda dan mahasiswa tersebut hanya ingin menyampaikan aspirasinya, dengan membentangkan selembar spanduk yang berisi tuntutan atas kebijakan dari Bupati-Wakil Bupati Humbang Hasundutan tersebut.  tetepi kenapa pihak Pemkab dan Polisi yang hadir pada saat itu justru bersikap antipati, “kami melihat mereka tidak punya itikad baik, belum ada pembicaraan, tiba-tiba langsung menunjang salah satu masa aksi” tutur Larshen YN Simamora menirukan pernyataan dari salah satu korban.  Sebagaimana aspirasi yang ingin disampaikan oleh para masa aksi pada saat itu, ialah mereka hanya menginginkan agar bapak Bupati ingat dengan Janji politiknya pada saat Pilkada tempo lalu. Diatas spanduk berukuran 3 X 1,5 meter tersebut, para demonstran hanya menuliskan “Dirgahayu Humbang Hasundutan. Kami Rindu dengan Janji Politik Hebat-Mu. Pak Bupati, Tolong Jelaskan Realisasinya (Rakyat Mulai Lupa)”. 

Dari beberapa kutipan tersebut, para demonstran hanya kembali mengingatkan bapak bupati agar “ingat” dengan janji-janji politiknya,” tegas Larshen YN Simamora yang saat ini diamanahkan sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau asal Provinsi Sumatera Utara. 

Perayaan yang seharusnya berlangsung dengan penuh khidmat, justru dirusak oleh oknum Pemkab Humbanghas. “kan mereka bisa bersikap persuasif dan komunikatif terhadap masa aksi tersebut. bukan malah seenaknya menendang orang. Sesal ketua Larshen.  perlu diketahui, aksi tersebut dilakukan tepat pada saat berlangsungnya proses perayaan HUT Humbanghas di Lapangan Merdeka, Dolok Sanggul. Aksi merekapun bukan hanya dilihat oleh pejabat teras di lingkungan Pemkab Humbanghas saja yaitu, bapak bupati Dosmar dan Wabub Saut.

Tetapi perayaan HUT tersebut juga dihadiri oleh Gubernur dan bapak Kapolda Sumatera Utara.  Para demonstran sengaja membentangkan spanduk tersebut pada saat bapak bupati membacakan pidatonya, dan menurut kami itu sah-sah saja,” tegas Ketua DPD KNPI Riau tersebut.  republik ini menjamin kebebasan dalam menyampaikan aspirasi, dan apa yang dilakukan teman-teman demonstran pada saat itu wajar-wajar saja. coba dulu bayangkan, yang membuat situasi tersebut semakin ricuh bukan karena para demonstran, melainkan justru sikap arogansi dari salah satu oknum pejabat Pemkab dan aparat Kepolisian yang bersikap membabibuta.

Padahal pada saat kejadian tersebut beberapa wartawan sudah mencoba untuk mengingatkan agar para pejabat tersebut jangan sempat memukul mereka, karena mereka adalah aktivis yang hanya ingin meminta keadilan atas realisasi kebijakan pemimpinnya untuk membangun Kabupaten Humbang Hasundutan. Tetapi teriakan dari beberapa wartawan tersebut tidak digubris oleh pejabat yang bersangkutan. Justru mereka menyeret dan membawa salah satu demonstran kedalam pos polisi setempat.

Atas kejadian tersebut, kami meminta dan mengharapkan ketegasan dari bapak Gubernur melalui bapak Bupati Dosmar untuk sesegera mungkin mengusut kasus ini.  memang terlihat spele, tetapi ini menyangkut harga diri dari semangat berdemokrasi bangsa indonesia yaitu yang termaktub didalam butiran Undang-Undang Dasar 1945,  yang menjamin kebebasan bagi siapa saja untuk menyampaikan pendapatnya. “Usut tuntas kasus ini. bila perlu pecat oknum pejabat tersebut. dan kepada bapak Kapolres Humbanghas, kami juga berharap agar ikut serta mengusut kasus ini. dan apabila ada anggotanya yang terlibat, segera beri sangsi yang tegas.” akhir Larshen YN Simamora, S.Sos. Sc. Ak,  Mahasiswa program Pascasarjana, FISIP-Universitas Riau. (Larshen YN Simamora)

[ Kembali ]
Berita Terkait
Minggu, 06 Agustus 2017 | 21:48 WIB
Oleh : Larshen Yunus Simamora, S.Sos.Sc., M.Si
HUT Kabupaten Humbang Hasundutan yang ke-14 tahun Ricuh, akibat Tindakan Arogan dari Oknum Pejabat Pemkab
Minggu, 06 Agustus 2017 | 21:31 WIB
Oleh : Larshen Yunus Simamora, S.Sos.Sc., M.Si
Program Penyaluran Raskin di Kabupaten Humbang Hasundutan Harus Tetap Dilaksanakan
Jumat, 21 Juli 2017 | 19:33 WIB
Terjadi di Padang Sidimpuan Sumatera Utara
Akibat Kelalaian Pasca Operasi Mengakibatkan Pasien Meninggal Dunia, Itu Pidana Murni
Jumat, 21 Juli 2017 | 18:34 WIB
DIDUGA ADA KELALAIAN DALAM MENANGANI PASIEN
Terjadi di Padang Sidimpuan : Seorang Ibu Rumah Tangga Meninggal Pasca Melahirkan
Jumat, 30 Juni 2017 | 21:35 WIB
Lembaga HKBP Melayani para Penderita Cacat
Ina HKBP Exaudi Pekanbaru Berkunjung ke Panti Karya Hephata di Laguboti
Kamis, 18 Mei 2017 | 18:17 WIB
Warga Desa Sibintang Barus Tapteng serahkan.Lahan 1,5 ha ke HKBP
Sabtu, 15 April 2017 | 21:05 WIB
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Sabtu, 15 April 2017 | 21:05 WIB
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Jumat, 24 Maret 2017 | 18:15 WIB
Tokke Honda dari Doloksanggul
Jusril Sitompul Sukses Dagang Honda Hingga Keliling Negeri China
Sabtu, 26 Nopember 2016 | 09:54 WIB
Silahisabungan Arts Festival untuk Promosikan Tao Silalahi
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit