Home / Sumatera Utara
Terjadi di Padang Sidimpuan Sumatera Utara
Akibat Kelalaian Pasca Operasi Mengakibatkan Pasien Meninggal Dunia, Itu Pidana Murni
Penulis: RiauBangkit.Com | Jumat, 21 Juli 2017 | 19:33 WIB Dibaca: 285 kali

Gunawan Pakpahan (37) suami Almarhum ketika memberikan penjelasan kepada Wartawan terkait meninggalnya Istrinya pasca dioperasi.


Padang Sidimpuan, Riaubangkit.com - Pelayanan kesehatan terhadap pasien pemegang kartu BPJS di Rumah Sakit di Kota Padangsidimpuan kembali menjadi sorotan, setelah pada Selasa (18/07/2017) malam sekira pukul 22:00WIB , seorang pasien bernama Lastiurlan Paskaria Siregar (38) Warga jalan Teuku Umar gang Martabe, Kelurahan Losung Kecamatan PSP Selatan Kota Padangsidimpuan meninggal dunia saat pasca melahirkan (partus).

Gunawan Pakpahan (37) Suami almarhum, Kamis (20/07) malam kepada Wartawan menjelaskan, meninggalnya istrinya dikarenakan kelalaian pihak rumah sakit yang diduga melakukan kelalaian dan pembiaran pasca operasi, meski pihak keluarga telah menandatangani surat pernyataan siap menjalani operasi dengan segala risikonya.

“Saya sudah sampaikan kepada para perawat dan dokter, istri saya sakit dan sudah tidak tahan lagi usai pasca melahirkan dan operasi dengan kejadian ini kami sangat kecewa, sedih,” ujar suami Almarhum, kepada sidaknews.com.

Kekecewaan keluarga semakin tak terbendung saat mengingat masa perawatan korban di Rumah sakit tersebut yang terkesan diabaikan pihak rumah sakit meski korban sudah mengeluh sangat kesakitan yang luar biasa.

“Kami sangat kecewa terhadap pelayanan di Rumah sakit ini, istri saya sudah mengeluh sakit pasca dioperasi untuk melahirkan. Tapi tidak ada tindakan dari pihzk ini. Istri saya pun koma dan akhirnya meninggal dan Pada Hari kamis (20/07) usai prosesi Adat dan Agama telah di makamkan di TPU Kristen Hasar Halihi kelurahan Sitamiang kota Padangsidimpuan sekira Pukul 17:35WIB dengan meninggalkan saya dan tiga anak yang seharusnya perlu kasih sayang seorang ibu, imbuhnya dengan Sedih yang berlinang air mata.

Sementara itu Ketua Harian laskar Merah putih Kota Padangsidimpuan sangat menyesalkan tindakan pihak Rumah Sakit tersebut yang telah Melakukan kelalaian kepada Pasien Pasca operasi, menurutnya polisi segera melakukan Penyelidikan terhadap insiden tersebut, apapun konsekwensinya pihak Rumah Sakit harus bertanggung jawab.

Oktober juga menjelaskan bahwa ada UU No 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dan UU No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Di bagian akhir dari ketiga undang-undang itu mengatur berbagai jenis perbuatan dan sanksi pidana bagi siapa saja khususnya tenaga kesehatan dan dokter yang dengan sengaja melakukan tindak pidana di bidang kesehatan.

Bahkan, Pasal 201 UU Kesehatan jo Pasal 63 UU Rumah Sakit mengatur selain dipidana dan denda bagi pengurusnya, korporasi dapat dikenakan denda berupa tiga kali pidana denda untuk orang karena melakukan kelalaian terhadap pasien yang Mengakibatkan pasien meninggal dunia tak berhenti disitu, sanksi pidana tambahan berupa sanksi administratif bagi korporasi dapat dikenakan berupa pencabutan izin usaha/badan hukumnya oleh pejabat yang berwenang, meski penetapan pencabutan itu dimungkinkan diajukan ke PTUN terangnya.

Sementara itu ketika Wartawan kamis (20/07) malam ketika mau dikonfirmasi ke pihak Rumah sakit dan Direktur sampai saat ini belum memberikan keterangan dan jawaban apapun hingga berita ini diunggah. (snc/pak rt)

[ Kembali ]
Berita Terkait
Minggu, 06 Agustus 2017 | 21:48 WIB
Oleh : Larshen Yunus Simamora, S.Sos.Sc., M.Si
HUT Kabupaten Humbang Hasundutan yang ke-14 tahun Ricuh, akibat Tindakan Arogan dari Oknum Pejabat Pemkab
Minggu, 06 Agustus 2017 | 21:31 WIB
Oleh : Larshen Yunus Simamora, S.Sos.Sc., M.Si
Program Penyaluran Raskin di Kabupaten Humbang Hasundutan Harus Tetap Dilaksanakan
Jumat, 21 Juli 2017 | 19:33 WIB
Terjadi di Padang Sidimpuan Sumatera Utara
Akibat Kelalaian Pasca Operasi Mengakibatkan Pasien Meninggal Dunia, Itu Pidana Murni
Jumat, 21 Juli 2017 | 18:34 WIB
DIDUGA ADA KELALAIAN DALAM MENANGANI PASIEN
Terjadi di Padang Sidimpuan : Seorang Ibu Rumah Tangga Meninggal Pasca Melahirkan
Jumat, 30 Juni 2017 | 21:35 WIB
Lembaga HKBP Melayani para Penderita Cacat
Ina HKBP Exaudi Pekanbaru Berkunjung ke Panti Karya Hephata di Laguboti
Kamis, 18 Mei 2017 | 18:17 WIB
Warga Desa Sibintang Barus Tapteng serahkan.Lahan 1,5 ha ke HKBP
Sabtu, 15 April 2017 | 21:05 WIB
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Sabtu, 15 April 2017 | 21:05 WIB
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Kapolda Sumut Benarkan Andi Lala Ditangkap di Riau
Jumat, 24 Maret 2017 | 18:15 WIB
Tokke Honda dari Doloksanggul
Jusril Sitompul Sukses Dagang Honda Hingga Keliling Negeri China
Sabtu, 26 Nopember 2016 | 09:54 WIB
Silahisabungan Arts Festival untuk Promosikan Tao Silalahi
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit