Home / Kampar
Hasil Mediasi
Jemaat HKBP Pandau Permai Dijamin Haknya untuk Menjalankan Ibadah
Penulis: RiauBangkit.Com | Kamis, 20 Juli 2017 | 05:53 WIB Dibaca: 160 kali

Jemaat HKBP Pandau Permai Dijamin Haknya untuk Menjalankan Ibadah


Mediasi terkait penolakan renovasi HKBP Pandau Permai, Siak Hulu, Kampar

PEKANBARU, Riaubangkit.com - Hasil mediasi terkait adanya penolakan sepihak renovasi gereja HKBP Pandau Permai, Siak Hulu, Kampar menyepakati hal positif. Jemaat gereja tersebut tetap bisa menjalankan ibadah sebagaimana biasa di rumah ibadah tersebut, sambil menunggu proses pengurusan dan penerbitan izin mendirikan rumah ibadah dari Pemkab Kampar.

Dalam pertemuan yang berlangsung Selasa (18/72016) kemarin di aula Kantor Camat Siak Hulu, dihadiri secara lengkap oleh jajaran pemerintahan Kabupaten Kampar dan aparat keamanan. Hadir Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri, Kapolres Kampar AKBP Deni Oktavianto, Dandim 0313 Kampar Letkol Kav. Yudi Prasetio, Kejari Bangkinang Dwi Antoro, Ketua FKUB Kampar Zulhermis, Kemenag Kampar Muhal Simanungkalit dan jajaran pemerintahan lainnya serta perwakilan HKBP dan jemaat HKBP setempat.

Ada tiga poin utama yang disepakati dalam mediasi tersebut. Pertama, pelaksanaan ibadah tetap dapat berjalan seperti biasa di gereja yang sudah berdiri sejak 2004 lalu tersebut. Kedua, pembangunan renovasi gereja dihentikan sementara sampai memperoleh izin pembangunan dari Pemkab Kampar. Dan ketiga, pengurusan izin bangunan rumah ibadah mengacu pada peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Maurit Simanungkalit, jemaat HKBP Pandau Jaya menyatakan, jemaat kini bisa bersikap lega atas kesepakatan tersebut. Pasalnya, sejak beberapa bulan lalu, pasca-adanya penolakan dari Ketua RW dan Ketua RT, jemaat merasa cemas.

"Kami berterimakasih atas kesediaan para pejabat dan aparat yang memediasi masalah ini. Semoga semua pihak bisa tetap komit," katanya.

Menurutnya, renovasi gereja tersebut sebenarnya karena kebutuhan yang mendesak. Mengingat jumlah dan pertumbuhan jemaat yang semakin banyak. Sementara, kondisi gereja masih berdinding kayu dan dikhawatirkan bisa roboh dan menimpa jemaat saat sedang ibadah.

Pihaknya juga sebenarnya sudah mengurus IMB bangunan gereja tersebut sejak 2008 silam. Namun, hingga saat ini IMB tak kunjung diterbitkan.

"Gereja dan jemaat taat dan tunduk pada aturan. Kami terus memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan agar IMB bisa diterbitkan," kata Maurit.

Kapolres Kampar AKBP Deni Oktavianto menegaskan, bahwa semua warga negara memiliki hak untuk melaksanakan ibadah agamanya. Namun, pendirian rumah ibadah memang sudah diatur oleh ketentuan dan harus dipenuhi.

"Saya minta agar semua pihak menjaga kerukunan dan mewujudkan toleransi dalam beragama," tegas AKBP Deni. (tribunnews.com/rbc)

[ Kembali ]
Berita Terkait
Kamis, 20 Juli 2017 | 05:53 WIB
Hasil Mediasi
Jemaat HKBP Pandau Permai Dijamin Haknya untuk Menjalankan Ibadah
Jumat, 31 Maret 2017 | 11:54 WIB
Penegak Hukum di Riau harus Serius Tangani Temuan.BPK
Sabtu, 16 Juli 2016 | 19:05 WIB
Hari Raya Enam di Kampar Penuh Kesemarakan
Gubri dan Wako Ziarah Kubur, dan Makan Bajambau
Kamis, 25 Pebruari 2016 | 14:40 WIB
Rapat Dengar Pendapat DPRD Kampar dengan Disnaker dan Seikat Buruh Sejahtra
Safrizal : Tunjangan Hari Besar Keagamaan PT AA Segera Ditetapkan
Sabtu, 13 Pebruari 2016 | 00:47 WIB
Keluarga Korban Tewas Banjir di Kampar akan Disantuni Rp15 Juta, Ini Syaratnya..
Rabu, 10 Pebruari 2016 | 20:55 WIB
BPBPKD: Air dari PLTA Koto Panjang Belum Berpengaruh ke Pelalawan
Rabu, 10 Pebruari 2016 | 20:22 WIB
PKPU Buat Posko Siaga Banjir di Kampar
Jumat, 05 Pebruari 2016 | 21:21 WIB
RAPP Distribusikan Ratusan Paket Sembako untuk Korban Banjir di Kampar
Rabu, 03 Pebruari 2016 | 09:53 WIB
Gelar Pertemuan dengan Pihak PLTA Panjang
Petani Kerambah Kecewa Tuntutanya Tidak Dipenuhi
Rabu, 03 Pebruari 2016 | 09:44 WIB
Kewenangan Pusat Dilimpahkan ke Provinsi
Pemkab Kampar Tetap Bertekad Tingkatkan PAD
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit