Home / Bengkalis

Hari Jadi ke-507 Bengkalis Mengenang Perjuangan dari Serangan Portugis
Penulis: Redaksi riaubangkit.com | Selasa, 06 Agustus 2019 | 03:37 WIB Dibaca: 44 kali

Rapat paripurna hari jadi ke-507 Kabupaten Bengkalis diakhiri dengan bersalam-salaman, di Gedung DPRD, Selasa.


Bengkalis, RBC- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD, Jalan Antara Bengkalis, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Ketua DPRD Bengkalis H Abdul Kadir, menyampaikan paripurna yang digelar sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis yang setiap tahun rutin dilangsungkan pada tanggal 30 Juli sejak disahkannya Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan hari jadi Bengkalis. Sidang tersebut terangnya untuk mengenang sekaligus mengapresiasi sejarah dan perjuangan daerah Bengkalis.

“Rapat paripurna istimewa ini digelar sebagai bukti menghargai, keseriusan, serta mengenang jasa para pejuang terdahulu demi menjaga Bengkalis”, kata Abdul Kadir yang memimpin rapat paripurna, Selasa (30/07/19).

Pihaknya menginginkan momentum tersebut dapat dijadikan sebagai intropeksi diri bagaimana supaya tetap menjaga nama Bengkalis dan menghargai pejuang yang sudah bersusah payah mempertahankannya, sehingga membawa Kabupaten Bengkalis lebih cemerlang dan gemilang kedepannya.

Ketua DPRD didampingi 3 Wakil, dan disaksikan 39 orang anggota juga membacakan sejarah singkat tentang perjuangan masyarakat dan pemuda Bengkalis dari serangan Portugis pada masa ratusan tahun lalu.

Sementara Bupati Bengkalis Amril Mukminin, mengutarakan sidang paripurna istimewa yang digelar merupakan sidang ke-14 kalinya sejak diparipurnakan pada awal tahun 2005 silam.

“Momentum peringatan hari jadi ini selayaknya kita gunakan untuk melihat ke belakang, bahwa hari ini lebih dari sekedar saksi sejarah. Kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra-putri terbaik di tanah terubuk ini, berjuang bersabung dan beradu nyawa melawan keangkuhan Portugis di tahun 1512 atau lebih kurang 507 tahun silam”, ujar Amril Mukminin.

Bupati menghimbau, semua pihak mengenang jasa dan semangat para pahlawan dan pendiri Kota Bengkalis. Setiap derap langkah membangun Kota Bengkalis sebagai Ibu Kota Kabupaten kiranya senantiasa dijiwai semangat patriotisme untuk menciptakan kehidupan yang aman, tenteram, adil, makmur, dan sejahtera, sebagaimana diwariskan para pejuang-pejuang terdahulu.

Pada peringatan hari jadi tersebut, Bupati mengajak untuk menjadikan sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah, dengan karya dan prestasi serta harapan akan masa depan  yang lebih cemerlang, gemilang, dan terbilang.

Sedangkan Gubernur Riau H Syamsuar, memaparkan tentang Pemerintah Provinsi yang telah mengusulkan ruas jalan Siak menuju Sungai Pakning- Bukit Batu dan Dumai akan menjadi status jalan Nasional.

Usulan tersebut terangnya, telah disetujui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai PU beberapa waktu lalu. Hal itu dinilai akan sangat membantu dan meringankan beban Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.

Pembangunan di daerah dinilainya memang sangat membutuhkan dukungan dari banyak pihak, seperti dari pihak masyarakat maupun swasta. Selain itu, Pemerintah Provinsi juga dipastikan akan terus memberi dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, salah satunya terkait rencana merangkai Pulau Bengkalis dan Kepulauan Meranti sesuai dengan program kerjanya.

“Untuk itu kami berharap kepada Bupati Bengkalis agar juga dapat mendukung pembangunan infrastruktur di jalan itu dengan menghibahkan lokasi yang menjadi jalur jalan lingkar, sehingga jalan yang berada di tengah Kota Sungai Pakning tidak rusak. Disamping itu jalan Hang Tuah di Duri juga telah kami usulkan statusnya jalan nasional”, imbau Syamsuar.

Terkait Pulau Rupat, pihaknya mengaku telah mengusulkan daerah itu agar menjadi pusat khusus ekonomi pariwisata, dan usulannya telah disampaikan ke Menteri Pariwisata Moeldoko. Kementerian menurutnya berkenan untuk mengunjungi pulau tersebut.

“Semoga (pulau rupat) kedepannya akan menjadi pulau wisata yang akan didatangi para turis mancanegara”, harap Gubenur Riau Syamsuar, yang turut dihadiri Ketua TP PKK Bengkalis, unsur Forkopimda, Ketua LAM Riau Kabupaten Bengkalis, Kepala OPD, para Camat, Kades, tokoh-tokoh, serta dihadiri sejumlah mantan Bupati Bengkalis dan perwakilan dari pimpinan daerah Bupati/Wali Kota se-Provinsi Riau.

Di penghujung acara yang dipusatkan di lapangan Tugu disemarakkan hiburan rakyat dengan menampilkan seni dan budaya berbagai suku. Untuk permainan Layang-layang dan Gasing diadakan di Padang Pasir Andam Dewi.*red

 

  • Pewarta: Effendi Basri
  • Editor: Hendra Ambarita
[ Kembali ]
Berita Terkait
Selasa, 20 Agustus 2019 | 04:32 WIB
Saat Kunjungan, Ajukan Surat ke Menteri Pariwisata Republik Indonesia,
Bupati Ajak Masyarakat Bengkalis Doakan Pulau Rupat Jadi KEK
Selasa, 20 Agustus 2019 | 00:54 WIB
Lomba Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lLntas dan Angkutan.
Pemenang Harus Jadi Panutan Bagi Masyarakat Bengkalis
Selasa, 06 Agustus 2019 | 03:37 WIB
Hari Jadi ke-507 Bengkalis Mengenang Perjuangan dari Serangan Portugis
Kamis, 18 Juli 2019 | 22:07 WIB
Kades Kembung Luar Nilai Tudingan-tudingan Warga ke Dirinya Salah Kaprah
Rabu, 17 Juli 2019 | 20:09 WIB
Eet Dinilai Layak Nahkodai Negeri Junjungan Bengkalis 5 Tahun Kedepan
Kamis, 02 Mei 2019 | 20:38 WIB
Persit KCK Kodim 0303 Bengkalis Adakan Arisan Bulanan
Kamis, 25 April 2019 | 16:39 WIB
Kemanunggalan TNI bersama Rakyat sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Aparat kewilayahan
Kamis, 25 April 2019 | 16:39 WIB
Kemanunggalan TNI bersama Rakyat sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Aparat kewilayahan
Senin, 15 April 2019 | 18:19 WIB
Ini Kata Kasat Polair
Apakah benar ada penambang pasir ilegal di pulau rupat
Minggu, 14 April 2019 | 14:05 WIB
Siap Laksanakan Replanting Generasi II
KUD Wana Bhakti Sukses Gelar Rapat Anggota
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit