Home / Pendidikan
Yanwar Arief, Dekan Fakultas Psikologi UIR :
Sarjana Psikolog Harus Berkontribusi di Tengah Masyarakat
Penulis: Patar Simanjuntak | Jumat, 24 Mei 2019 | 01:02 WIB Dibaca: 192 kali

Yanwar Arief, Dekan Fakultas Psikologi UIR saat wawancara dengan wartawan www.riaubangkit.com (foto : juntak)


Pekanbaru, RBC - Universitas Islam Riau, Sabtu (25/5/2018) kembali akan mewisuda mahasiswa mahasiswi yang telah merampungkan masa pendidikannya. Fakultas Psikologi yang merupakan salah satu Fakultas "idola baru" di Universitas Islam Riau turut ambil bagian dalam Yudisium ke-II tahun 2019 ini. Ada 43 orang lulusan Fakultas Psikologi UIR yang akan dilepas. Hal itu disampaikan Yanwar Arief, M.Psi.,Psikolog,  Dekan Fakultas Fsikologi UIR kepada www.riaubangkit.com, Kamis (23/5/2019) di Hotel Pangeran Pekanbaru.


Lebih lanjut Yanwar menjelaskan, bahwa untuk Yudisium ke-II 2019 ini, dari 43 orang Sarjana Psikologi yang akan diwisuda, yang lulus Cumlaude ada sebanyak 18 orang. Untuk lulus dengan Cumlaude, IPK-nya harus lebih dari 3,50 dan tidak ada yang nilai C, serta masa studi tidak boleh lebih dari 4 tahun. " Yudisium ke-II 2019, dari 43 orang Sarjana Psikologi yang akan diwisuda, ada lulus Cumlaude 18 orang. Kriteria lainnya untuk lulusan Cumlaude, IPK-nya harus lebih dari 3,50, tidak ada yang nilai C dan masa studi tidak boleh lebih dari 4 tahun", terang Yanwar.

 

Menurutnya, bahwa seorang Psikolog itu harus mampu berkontribusi di tengah masyarakat, harus mampu menguasai ilmu psikologi yang didapat di bangku perkuliahan untuk diterapkan, itu dari sisi hard skill - nya. Sedangkan dari sisi soft skill - nya, bisa dilihat kalau seorang Psikolog itu dari humble ( ramah,red ). Secara keterampilan sosial,  Psikolog itu orangnya pasti ramah, bisa bernegosiasi. Artinya, Sarjana Psikologi itu, selain menguasai ilmu psikologi yang berguna untuk dunia kerja, nantinya Sarjana Psikologi itu juga punya karakter. "Soft Skill" itu yang dibentuk yaitu humble dan bisa berinteraksi dengan orang lain.

 

"Psikologi harus berkontribusi terhadap permasalahan di masyarakat. Output dari lulusan psikologi itu kan dari hard skill-nya, yaitu dia mampu menguasai ilmu psikologi kemudian diterapkan. Dari softskill bisa dilihat,  kalau orang psikologi itu humble (ramah). Secara keterampilan social dia itu orangnya ramah, bisa bersosialisasi. Itu outputnya. Selain menguasai ilmu psikologi untuk dunia kerja, nanti dia punya karakterlah. Softskill yang terbentuk itu yaitu humble dan bisa berinteraksi dengan orang lain ", harap Yanwar.

 

Hingga saat ini, terang Yanwar, bahwa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau sudah meluluskan ribuan orang Sarjana Psikologi, dan banyak berkarir di perusahaan-perusahaan, Pendidikan dan Rumah Sakit. Untuk di Perusahaan menjabat sebagai,  HRD, bagian Recruitment, bagian training dan bagian evaluasi kinerja karyawan. Jika didunia pendidikan, banyak menjadi guru-guru TK, guru BK. Sedangkan untuk Rumah sakit, di bagian penanganan klien.

 

"Fakultas Psikologi sudah meluluskan sekitar ribuan psikolog. Dari yang seribu psikolog ini lebih banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan.
Sarjana psikologi kalau di dunia industri itu HRD, jadi bagian recruitment, bagian training di perusahaan kemudian evaluasi kinerja karyawan. Jadi tidak hanya di bidang industri. Psikologi itu. Ada tiga area utama yaitu pendidikan. Banyak guru-guru TK itu dari psikologi juga. Kemudian penangan client di rumah sakit jiwa dan rumah sakit umum", jelas Yanwar.

.

Sebelum menutup wawancara, Dekan Fakultas Psikologi UIR itu, mengatakan bahwa bahwa UIR tiga kali dalam setahun, melepas lulusan atau meng-yudisium mahasiswanya. Yakni di bulan Januari, Mei dan Oktober. Sedangkan hari ini (Kamis, 23/5/2019, red), merupakan acara internal Fakultas Psikologi UIR, dikenal dengan sebutan "Pelepasan Wisudawan Wisudawati Fakultas Psikologi UIR", sebelum diwisuda di Yudisium ke-II 2019 ini, Sabtu (25/5/2019), yang akan datang.

 

"Hari Sabtu, tanggal 25/5/2019 adalah periode ke-II UIR melaksanakan Yudisium atau Wisuda. Ada tiga kali wisuda. Januari, Mei dan Oktober. Dalam setahun ada tiga kali wisuda. Hari ini, kita langsungkan Pelepasan Wisudawan Wisudawati Fakultas Psikologi UIR sebelum diwisuda. ini agenda rutin jelang wisuda", ujar Yanwar dengan tegas. ( patar simanjuntak )

[ Kembali ]
Berita Terkait
Kamis, 22 Agustus 2019 | 18:11 WIB
Dukung UI Jadi Kampus Hijau,
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Tanam dan Kenalkan Varietas Pohon Langka
Jumat, 24 Mei 2019 | 01:02 WIB
Yanwar Arief, Dekan Fakultas Psikologi UIR :
Sarjana Psikolog Harus Berkontribusi di Tengah Masyarakat
Kamis, 13 Desember 2018 | 15:14 WIB
DI ATRIUM MEGA MALL BATAM CENTER BATAM.TELAH DIGELAR(GPD)EXSPO 2018
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit