Home / Pekanbaru

Balai Benih Induk (BBI) Padang Marpoyan Pekanbaru Menjadi Destinasi Agrowisata Baru di Pekanbaru
Penulis: PH Sitompul | Senin, 28 Januari 2019 | 22:11 WIB Dibaca: 2238 kali


Pekanbaru, RBC - (24/01/19)  Pekanbaru Kini telah memiliki Kawasan Agrowisata Baru yang siap dikunjungi Oleh masyatakat Luas. 

Pelaksana Tugas Kepala UPT Pembenihan dan Sertifikasi Benih, Dedih H, pada acara Gebyar Pesta Rambutan yang berlansung di Balai Benih  Induk  (BBI)  Padang di Marpoyan dalam sambutannya menjelaskan "Bahwa kawasan Balai Benih Induk (BBI)  yang berada Di Kecamatan Marpoyan Ini sebenarnya sudah lama ditetapkan sebagai kawasan Agrowisata. NAmun karena belum ada payung hukumnya, pengembangannya tidak berjalan dengan baik.

Pada Tahun 2018 Lalu, Pemerintah provinsi Riau sudah menerbitkan Perda untuk pengelolaan kawasan ini sebagai kawasan Agrowisata. Oleh karena itu mulai tahun 2019 ini kita sudah dapat membukanya untuk masyarakat Luas.  Sejak minggu lalu sudah ada 600 pengunjung yang mengunjungi Kawasan Agrowisata ini," ungkap Dedih.

"Kawasan Agrowisata ini kondisi Sarana prasana Pendukung belum terlalu baik. Masih banyak fasilitas yang perlu dikembangkan. Oleh Karena itu, Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura, Perkebunan  Riau menggandeng pihak ketiga untuk membantu mengembangkan kawasan ini " Lanjut Didih

Kerjama dengan pihak ketiga ditandai dengan penandatanganan MoU antara Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan Riau dengan PT Buana Orbit Sejahtera yang akan menjadi pengelola kawasan BBI tersebut. 

Alexander Pranoto selalu Dirut PT Buana Orbit Sejahtera,   usai penandatangan MoU mengungkapkan bahwa pihaknya siap mengembangkan kawasan BBI Padang Marpoyan menjadi Kawasan Agrowisata yang menarik bagi para wisatawan, baik lokal maupun nasional.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPH Bun) Riau, Ir. A Ferry HC, M.Si dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa bahagianya dengan dimulainya kerja sama ini. "Saya memang sudah lama menginginkan kawasan ini menjadi kawasan agrowisata yang diminati masyarakat," ungkapnya

"Dengan adanya kawasan agrowisata ini ia berharap masyarakat akan semakin mencintai dunia pertanian. "Berwisata ke tempat ini selain menikmati suasananya yang asri karena banyak pepohonan, juga dapat menjadi sarana belajar bagi anak-anak untuk mengenal dunia pertanian. Apalagi di sana ada kawasan penanaman padi dan sayur-sayuran. Nanti anak-anak dapat merasakan langsung bagaimana menjadi petani, bermain dengan lumpur dan memanen sayuran,"Lanjut Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPH Bun) Riau, Ir. A Ferry HC, M.Si

Suasana  Pesta Gebyar Rambutan bertambah Meriah karena pengunjung dihibur dengan musik organ tunggal dan acaraditutup dengan pencabutan doorprize dengan Berbagai hadiah menarik, dari mulai hasil kebun seperti kacang panjang dan cabai, juga ada hadiah sepeda bagi pengunjung yang terpilih.  

     Upaya untuk itu memang perlu adanya pembenahan secara menyeluruh,semoga dengan di percayakan ketua Dpd Ajoi prop Riau Bpk Alexander pranoto yg cukup peduli pembangunan di Riau maka ini semua dapat terselesai dengan cepat.

(Effendi Basri)

[ Kembali ]
Berita Terkait
Selasa, 13 Agustus 2019 | 07:04 WIB
PUPR Tempatkan 5 Petugas Kebersihan ditiap RTH
Kamis, 01 Agustus 2019 | 03:26 WIB
Sukses Penyelenggaraan Jilid I,
Lokakarya dan UKW LPDS Jilid II Kembali Akan Digelar di Pekanbaru
Kamis, 01 Agustus 2019 | 10:34 WIB
Khairunnas Kepala UPTD Parkir,
Demi PAD, Tata Kembali Pengelolaan Parkir Pekanbaru
Senin, 29 Juli 2019 | 00:22 WIB
Kasus Curat Indomaret dan Alfamart,
Polresta Pekanbaru Sikat Pelaku Curat 14 Supermarket
Kamis, 18 Juli 2019 | 19:32 WIB
Terkait Alihkan Pengelolaan Titik Parkir Panam Sepihak,
H Mansur Merasa Dizolimi, Dishub Pekanbaru Membantah
Kamis, 11 Juli 2019 | 22:11 WIB
Polresta Pekanbaru Rayakan HUT Bhayangkara ke 73
Polri Bergembira, Pemilik Alam Mayang Bangga
Selasa, 18 Juni 2019 | 17:42 WIB
Dr Syahril, Caleg Terpilih PKS Dapil Tenayan Raya - Sail Meninggal Dunia
Sabtu, 13 April 2019 | 14:02 WIB
DPD IPK Kota Pekanbaru Resmi Dilantik
Rabu, 27 Pebruari 2019 | 17:08 WIB
Terlibat Dalam Pemalsuan SKGR, Hinsatopa Simatupang Divonis 6 Bulan Penjara
Selasa, 19 Pebruari 2019 | 01:30 WIB
Ingot Enggan Targetkan Retribusi Tera
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit